Semiotik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi"

Semiotik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi"

Sudah hampir empat (4) bulan Saya tidak meng-update artikel pada blog ini. Dan pada kesempatan yang sempit ini Saya akan membahas sedikit tentang Semiotik, sebuah ilmu tentang "tanda" yang akhir-akhir ini sedang Saya pelajari.

Entah sebuah kebetulan atau tidak, seperti halnya pembuat banner iklan baju muslim pada situs Zalora. Ketika Saya ingin berbelanja online di situs Zalora. Pandangan Saya langsung tertuju pada banner iklan baju muslim yang terpasang di halaman depan situs Zalora. Berikut adalah screenshot halaman depan situs Zalora.

Semoitik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi"
Banner Zalora

Sebelum Saya melanjutkan ada baiknya kita memahami apa itu Semiotik.

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Yasraf Amir Piliang di dalam kata pengantar pada buku Semiotika Komunikasi Visual karya Bapak Sumbo Tinarbuko. Semiotika adalah sebuah disiplin keilmuan, yaitu 'ilmu tentang tanda' tentunya semiotika mempunyai prinsip, sistem, aturan, dan prosedur-prosedur keilmuan yang khusus dan baku. Akan tetapi Semiotika bukanlah ilmu yang mempunyai sifat kepastian, ketunggalan, dan objektivitas macam itu, melainkan dibangun oleh pengetahuan yang lebih terbuka bagi aneka interpretasi. Logika Semiotika adalah logika di mana interpretasi tidak diukur berdasarkan salah atau benarnya, melainkan berdasarkan derajat kelogisannya.

Karena cakupan ilmu Semiotika cukup luas dan tidak mungkin jika Saya bahas hanya pada satu artikel. Jadi di sini Saya akan membahas mengenai tanda pada aspek visualnya saja, lebih tepatnya ilustrasi atau gambar yang ada pada banner tersebut.

Pada banner tersebut di atas menurut Saya telah menunjukkan kode kultural pada aspek ajaran agama Islam (Muslim) di mana seorang lelaki dan wanita yang belum menikah sebaiknya tidak berdekatan. Tanpa perlu Saya tulis panjang lebar teman-teman yang ber-agama Islam tentu mengerti maksud Saya.

Sekarang bandingkan dengan banner iklan baju muslim di bawah ini.

Semoitik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi"
Gambar disamarkan demi menghargai karya pembuatnya

Mungkin gambar pasangan pada banner di atas adalah pasangan suami-istri tapi sayangnya penafsiran orang pasti akan berbeda-beda. Jika memang ingin membuat visual seperti banner di atas ada baiknya ditambahkan teks untuk keterangan bahwa mereka ber-dua adalah suami-istri. Tujuannya jelas, selain agar membuat penafsiran orang tidak berbeda-beda. Dan tentunya membuat visual sesuai dengan konsep atau tema yang diangkat.

Dengan demikian, menurut Saya banner iklan baju muslim dari situs Zalora memiliki hubungan yang erat dengan ajaran agama Islam (Muslim).

Images Sources;
- http://www.zalora.co.id/
- https://www.google.com/imghp?hl=id&tab=wi&ei=NcCPUuC5M4WTrgfooIGQCw&ved=0CAQQqi4oAg
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel Semiotik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi"? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel Semiotik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi" ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Semiotik "Sebuah Tanda yang Tersembunyi". Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

5 komentar:

  1. Veryу rapidly this web site will be famous among all
    blogging and site-buіlding visitors, due to it's fastidious posts

    Here is my ωeblog - nature photographers

    BalasHapus
  2. Ok sob harus kita sadari itu memang gak boleh. Apalag bukan muhrim.

    BalasHapus
  3. Anonim3/06/2014

    Keep on writing, great job!

    My weblog :: best diet plan

    BalasHapus
  4. Anonim3/10/2014

    Appreciating the time and effort you put into your blog and detailed information you provide.
    It's nice to come across a blog every once in a while that isn't the same unwanted rehashed information.
    Wonderful read! I've saved your site and I'm including your RSS feeds to my Google account.



    my webpageat psn code generator

    BalasHapus
  5. Anonim3/12/2014

    My brother recommended I might like this web site.
    He was totally right. This post truly made my day. You can
    not imagine just how much time I had spent for this info!
    Thanks!

    Also visit my web site: fine art landscape photography

    BalasHapus

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.