3 Faktor Kunci Membuat Bayangan Agar Terlihat Realistis

Cara membuat bayangan di Photoshop

Pada artikel 3 faktor kunci membuat bayangan agar telihat realistis ini saya tidak akan membahas tentang bagaimana cara membuat bayangan realistis. Yang akan saya bahas adalah mengenai pemahaman dari bagaimana bayangan bisa terlihat realistis.

Membuat bayangan realistis merupakan hal dasar yang harus kita ketahui bila ingin menguasai Photoshop Compositing. Bayangan yang realistis juga sangat menentukan keberhasilan membuat objek seolah-olah memang ada di situ.

Jadi menurut saya artikel mengenai 3 faktor kunci membuat bayangan agar telihat realistis ini sangat bermanfaat.

Ulasan lain mengenai Rahasia Compositing yang harus kamu baca:
1. Dasar-dasar Mempelajari Photoshop Compositing.
2. 3 Faktor Kunci Membuat Bayangan Agar Terlihat Realistis.
3. 3 Faktor kunci Membuat Penyesuaian Warna Agar Terlihat Realistis.
4. Rahasia Cara Menggabungkan Gambar Agar Terlihat Realistis.

1. Menentukan Sumber Cahaya.

Cara membuat bayangan di Photoshop

Sebelum kita membuat bayangan tentunya kita harus lebih dulu tahu dari mana arahnya sumber cahaya. Jangan sampai kita membuat bayangan di tempat yang seharunya menjadi Highlight ( tempat terang ).

2. Hard Shadow

Cara membuat bayangan di Photoshop

Salah satu contoh yang terdapat pada tutorial menggabungkan gambar ohh turtle:

Cara membuat bayangan di Photoshop

Setelah kita mengetahui dari mana sumber cahaya datang. Langkah ke-dua yaitu menentukan hard shadow. Hard shadow adalah jenis bayangan yang terjadi karena objek berada tepat di atas permukaan.

3. Soft Shadow

Cara membuat bayangan di Photoshop

Soft shadow adalah bayangan yang menjauh dari objek. Anda bebas melakukan penerapan ini. Namun yang perlu diingat, bayangan akan semakin memudar bila semakin jauh dari objek.

Itu adalah 3 rahasia membuat bayangan yang realistis. Tunggu artikel berikutnya mengenai bagaimana cara membuat bayangan yang realistis dengan photoshop.
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel 3 Faktor Kunci Membuat Bayangan Agar Terlihat Realistis? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel 3 Faktor Kunci Membuat Bayangan Agar Terlihat Realistis ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel 3 Faktor Kunci Membuat Bayangan Agar Terlihat Realistis. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.