Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Bagaimana cara menggunakan Photoshop. Mungkin kata-kata itulah yang sering terlintas bagi teman-teman yang masih pemula atau yang baru ingin memulai belajar Photoshop. Sekarang Psdink mencoba menjawab pertanyaan itu pada artikel cara menggunakan Photoshop yang baik dan benar bag I.

Klasifikasi:
Tutorial: Photoshop basic | Tingkatan: I | Waktu: 25 Menit

Tahap 1 Cara menggunakan Photoshop (Pengenalan Tools Penting)


Sebelum memulai mempelajari tutorial-tutorial Photoshop ada baiknya kamu memahami fungsi-fungsi Tool yang terdapat di Photoshop. Psdink akan menjelaskan beberapa Tool yang sering digunakan.

Move Tool (V): Berfungsi untuk memindahkan satu atau beberapa objek sekaligus tergantung dari berapa Layer yang di pilih.

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Terdapat tiga tool pada Photoshop yang berfungsi sebagai selection tools. Selection tools ini berfungsi untuk melakukan seleksi pada bagian tertentu dari objek.

Setelah melakukan seleksi kita dapat melakukan beberapa hal seperti. Pemindahan objek yang telah terseleksi, memberi warna pada objek yang terseleksi seperti pada artikel cara mengganti warnai rambut dengan Photoshop, atau ingin menghapus bagian yang terseleksi.

Inilah ketiga tool yang masuk dalam kelompok selection tools.

Marquee Tools (M): Ada beberapa tools yang terdapat pada keluarga marquee tools ini tapi yang sering digunakan adalah Rectangular Marquee Tool dan Elliptical Marquee Tool. Sementara untuk Singel Row Marquee Tool dan Singel Column Marquee Tool masih sangan jarang digunakan.

Tapi tenang saja. kamu dapat melihat cara kerja dari Singel Row Marquee Tool dan Singel Column Marquee Tool Pada artikel cara membuat poster film yang Psdink tulis. 

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Lasso Tools (L): Di sini juga ada beberapa tools yang terdapat keluarga lasso tools. Tapi yang memang selalu di gunakan adalah Lasso Tool. Untuk melihat penggunaan Lasso Tool kunjungi artikel penerapan dasar Hue/Saturation.

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Yang terakhir adalah Quick Selection Tool (W) dan Magic Wond Tool (W): Cara kerja dari ke-dua tools ini hampir sama yaitu menyeleksi berdasakan warna. Jadi bila kamu ingin memisahkan gambar yang memiliki background hanya beberapa warna bisa menggunakan tools ini.

Untuk melihat cara kerja Quick Selection Tool kunjungi artikel cara mudah memisahkan gambar. Sementara gambar di bawah adalah contoh penyeleksian menggunakan Magic Wond Tool. 

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Brush Tool (B): Brush Tool merupakan tools yang memiliki banyak fungsi selain untuk mewarnai. Bahkan bila dikombinasikan dengan Layer Mask. Brush Tool bisa mengantikan fungsi dari Eraser Tool (E) yang dari namanya saja kamu pasti sudah tahu fungsi dari eraser tool.

Info lengkap dari kegunaan Brush Tool yang bisa kamu perlajari pada artikel cara membuat efek disappear, cara membuat brush menggunakan custom shape, cara membuat bokeh brush dan membuat typography menggunakan brush scrambled letters.

Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I

Ada lagi tool yang juga sangat penting yaitu Pen Tool (P) dan Type Tool (T). Untuk lebih jelasnya Psdink akan menulis pembahasaan khusus tentang Pen Tool dan Type Tool. Untuk sementara Psdink hanya membahas mengenai cara menggunakan Photoshop "Tools". Semoga bermanfaat.
Tunggu artikel tahap 2 cara menggunakan Photoshop (pengenalan filter-filter)
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Menggunakan Photoshop yang Baik dan Benar I. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

7 komentar:

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.