Tips Cara Belajar Photoshop yang Baik


Tips cara belajar Photoshop yang baik ini Psdink ambil dari pengalaman pribadi. Berawal dari kebingungan setiap mengikuti tutorial selalu saja Psdink lupa cara-caranya untuk diulangi ketika sudah lebih dari seminggu berlalu dari pertama kali memperlajari tutorial Photoshop tersebut. Padahal ketika baru-baru belajar mengikuti tutorial cara-cara yang dilakukan masih dapat diingat.


Dan sekarang Psdink mencoba membagikan tips cara belajar Photoshop yang baik agar ketika teman-teman  sedang mempelajari suatu tutorial Photoshop, teman-teman dapat mengingat cara-cara yang dilakukan dalam waktu yang lama.

1. Ikuti

Ikutilah tutorial tersebut dengan konsentrasi, tidak perlu terburu-buru agar proses yang kamu ikuti bisa sedikit masuk ke dalam otak kamu.

2. Ulangi

Seperti pada no.1, hanya kali ini lakukanlah tanpa melihat tutorial tersebut. Namun bila ada yang lupa kamu masih boleh melihat kembali tutorial tersebut. Langkah ini bertujuan agar otak kamu memaksa mengingat kembali langkah-langkah yang ada pada tutorial tersebut.

3. Pelajari

Jangan takut bila pada no.2 kamu begitu banyak melupakan langkah-langkah pada tutorial yang kamu ikuti. Sebab tutorial yang kamu sedang ikuti sebenarnya tidak perlu semuanya kamu ingat asalkan kamu mau memperlajarinya. Bayangkan bila kamu mengikuti tutorial yang terdapat 50 langkah di dalamnya. Sudah tentu otak kamu akan lelah dibuatnya.

Sekarang coba buka notepad, baca tutorial tersebut tanpa harus mempraktekkan dan carilah teknik-teknik penting dari tutorial tersebut kemudian kamu catat di notepad. Ingat dicatat!, bukan meng-copas. Dengan mencatat otak kamu dengan sendirinya akan mengingat apa yang kamu tulis.

Sebagai contoh coba kamu cari tutorial tentang Photoshop Compositing. Jika kamu mempelajarinya kamu akan menemukan teknik-teknik dasar yang harus ada pada proses photoshop compositing seperti ; Pencahayaan, Menggelapkan kaki, Menghilangkan kaki bawah dan Pewarnaan. Untuk lebih jelasnya mengenai Photoshop Compositing kamu bisa membaca tips dasar mempelajari Photoshop Compositing.

Setelah kamu menemukan teknik-teknik tersebut cobalah pelajari bagaimana proses melakukanya dan jangan lupa dicatat kembali di notepad.

4. Pahami

Setelah mempelajari teknik-teknik yang sudah kamu tulis pada notepad sekarang saatnya untuk memahami. Percayalah segalah sesuatu yang kamu pahami akan lebih melekat ketimbang apa yang kamu ingat.

Lakukan percobaan pada teknik yang kamu pelajari dengan proses yang berbeda. untuk lebih mudahnya baca-bacalah artikel tutorial yang sejenis. Dari sekian banyak tutorial yang sejenis kamu akan menemukan proses-prosel lain yang mungkin lebih mudah bagi kamu untuk melakukannya.

Dan yang terakhir adalah saatnya menguji seberapa hebatnya pengusaan teknik yang kamu pelajari. Buatlah dengan gambar berbeda. Saya rasa apabila kamu memang sudah memahami, kamu akan lebih mudah mengerjakannya.
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel Tips Cara Belajar Photoshop yang Baik? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel Tips Cara Belajar Photoshop yang Baik ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Tips Cara Belajar Photoshop yang Baik. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

1 komentar:

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.