Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

Tutorial Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

Psdink kali ini akan memberikan tutorial cara mudah membuat photo black & white photography dengan Photoshop. Cara yang akan Psdink berikan ini merupakan cara yang banyak digunakan oleh fotografer profesional untuk membuat photo hitam putih. Sebab dengan cara ini kita dapat melakukan pengaturan sesuai channel warna masing-masing.

Perlu diketahui tutorial membuat photo black & white photography ini hanya berlaku untuk foto yang berwarna karena untuk foto grayscale proses atau caranya akan berbeda dan Psdink akan membahas itu di artikel lainnya. Selamat mencoba.

Klasifikasi:
Tutorial: Photo editing | Tingkatan: I | Waktu: 10 Menit

Bahan yang digunakan:
*Klik gambar untuk memperbesar gambar.

Tutorial Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

1. Buka foto yang ingin kamu edit. Klik icon Add Adjustment Layer > Channel Mixer. Karena kita mengunakan mode RGB jadi ada tiga channel yang kita atur. Yaitu warna merah, hijau dan biru

Tutorial Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

Tidak ada patokan baku dalam pengaturan channel mixer. Yang perlu diperhatikan dan dijadikan patokan saat mengatur channel mixer adalah warna-warna yang terdapat pada foto/gambar itu sendiri dan tentunya semua tergantung keinginan kamu ingin melakukan pengatur seperti apa.

Pada foto yang Psdink gunakan hijau menjadi warna dominan, jadi channel hijaulah yang akan Psdink atur lebih dulu. Sementara yang lainnya tinggal menyesuaikan sesuai keinginan kita.

2. Klik icon Add AdjustmentLayer > Gradien Map. Ini gunakan untuk menambah kedalaman warna.

Tutorial Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

Jika merasa sudah cukup kamu boleh mengakhiri tutorial membuat photo black & white photography dengan Photoshop sampai di sini. Sebab cara berikut ini hanya improvisasi dari Psdink untuk menambah ketajaman warna.

3. Klik icon Add Adjustment Layer > Curve.

Tutorial Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop

Demikianlah tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat.
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membuat Photo Black & White Photography dengan Photoshop. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

1 komentar:

  1. ternyata mudah membuat foto hitam putih
    thanks bro!

    BalasHapus

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.