Cara Menggunakan Pen Tool

Cara Menggunakan Pen Tool

Pada tutorial kali ini Psdink akan membahas cara menggunakan Pen Tool pada Photoshop. Tutorial ini menjadi pelengkap dari artikel cara menggunakan Photoshop yang baik dan benar bag I.

Buat teman-teman yang sudah mahir apa lagi yang terbiasa dengan tracing. Menggunakan Pen Tool tentu sudah jadi makanan sehari-hari. Tapi bagaimana dengan teman-teman yang masih pemula.

Sebagai bahan pembelajaran Psdink akan mempersembahkan tutorial cara menggunakan Pen Tool untuk teman-teman pemula. Selamat mencoba.

Klasifikasi:
Tutorial: Photoshop basic | Tingkatan: I | Waktu: 25 Menit

Cara Menggunakan Pen Tool I


Untuk mengaktifkan Pen Tool kamu bisa menekan (P) atau aktifkan langsung dari Tool Box.

Cara Menggunakan Pen Tool

Pada gambar di atas terlihat ada lima pilihan. Yang pertama adalah Pen Tool default yang berfungsi untuk membuat path atau shape. Yang ke-dua juga untuk membuat path atau shape tapi sesuai namanya yaitu Freefrom Pen Tool maka jika kita menggunakannya kita tidak perlu membuat titik-titik Anchor Point.

Cara Menggunakan Pen Tool

Yang ke-tiga dan ke-empat untuk menambah dan mengurangi (delete) anchor point. Dan yang ke-lima untuk mengatur anchor point.

Cara Menggunakan Pen Tool II


Sekarang kita akan masuk pada tahap menggunkan Pen Tool (P). Tekan P untuk mengaktifkan Pen Tool. Di sini Psdink mengunakan bantuan grid agar proses pembentukan semakin mudah.

Cara Menggunakan Pen Tool

Kamu bisa mencoba bila pilihan Rubber diaktifkan. Untuk membuat garis Psdink pikir teman-teman pasti sudah mengerti. Dari pengalaman Psdink jika kita tahu cara membuat lingkaran maka kita akan tahu cara kerja dari Pen Tool. Perhatikan gambar di bawah.

Cara Menggunakan Pen Tool

Lalu bagaimana untuk membuat garisnya. caranya mudah, dengan Pen Tool masih aktif klik-kanan pilih Stroke Path. Ada beberapa pilihan namun yang sering digunakan adalah brush.

Cara Menggunakan Pen Tool III


Sekarang kita akan langsung mempraktekkan cara tracing menggunakan Pen Tool. Aktifkan Custom Shape Tool (U). Pilih bentuk seperti gambar di bawah. Psdink melihat bentuk ini cocok untuk bahan pembelajaran sebab memiliki garis lurus dan garis lengkung.

Cara Menggunakan Pen Tool

Tahan-alt untuk membentuk garis lurus yang sempurna.

Cara Menggunakan Pen Tool

Pada gambar di bawah terlihat ada bentuk setengah lingkarang jadi kita bisa membuat titik yang jauh.

Cara Menggunakan Pen Tool


Cara Menggunakan Pen Tool


Cara Menggunakan Pen Tool

Untuk memperbaiki anchor point kamu cukup tekan-alt kemudian arahkan Pen Tool ke anchor point yang ingin di perbaik.

Cara Menggunakan Pen Tool

Jika sekarang kamu langsung membuat titik di sudut panah yang terjadi adalah garis akan sedikit melengkung. Agar tidak melengkung caranya tahan-alt kemudian klik pada anchor point seperti gambar di bawah.

Cara Menggunakan Pen Tool

Sekarang kamu harus berjuang sendiri :). Teruskan langkah selanjutnya hingga selesai.

Cara Menggunakan Pen Tool
Dijual T-shirt dengan konsep Go Green. Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

PSDink Shopping Store

Sudah membaca artikel Cara Menggunakan Pen Tool? Jangan lupa berkomentar yaa... Semoga artikel Cara Menggunakan Pen Tool ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Dapatkan artikel seputar dunia desain grafis dan brading di Detakstudio.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Menggunakan Pen Tool. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas kunjungannya.

4 komentar:

  1. wah nice tutorial gan, saya memang kurang begitu mengerti dengan photoshop mungkin melalui blog agan saya bisa belajar banyak...
    btw, sekalian berkunjung pagi nih gan,,,:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx sis..
      mudah-mudahan blog sederhana ini bisa membantu :)

      Hapus
  2. ajarin lagi... masih kurang begitu paham

    BalasHapus

Psdink akan sangat berterima kasih jika ada teman-teman yang ingin memberitahukan bila ada ejaan yang salah pada penulisan artikel ini.